Wisatasingapura

From Inclusive Youth Work - Uniamoci Onlus
Jump to: navigation, search

Wisata Di Singapura[edit]

Singapura adalah negara tetangga kita yang berlokasi paling dekat, dan paling sering dikunjungi warga negara Indonesia karena selain dekat, biayanya juga cukup terjangkau. Walaupun ukuran negara Singapura termasuk kecil bila dibandingkan dengan Indonesia, Singapura memiliki cukup banyak tempat wisata yang menarik. Apa saja tempat Tempat Wisata di Singapura : tempatwisata.biz.id yang paling menarik?


Daftar Wisata Di Singapura[edit]

1. Merlion Park[edit]

Merlion adalah sebuah patung dengan kepala singa dan berbadan ikan yang sudah menjadi maskot Singapura. Nama Merlion merupakan gabungan dari “mermaid” dan “lion” atau dalam bahasa Indonesia adalah ikan duyung dan singa. Taman Merlion Park buka 24 jam setiap hari dan tidak dipungut biaya bagi siapapun yang ingin berkunjung, sehingga anda dapat menghemat biaya perjalanan anda. Selain berfoto-foto anda juga dapat menikmati sungai di lokasi ini karena Merlion Park terletak di depan Singapore River.


2. Universal Studios[edit]

Universal Studios adalah taman hiburan seperti Dufan di Jakarta dan merupakan salah satu tempat wisata di Singapura yang paling terkenal bagi warga Indonesia. Harga tiket Universal Studios pada akhir pekan, tanggal merah, dan musim liburan cukup mahal, bisa sampai dengan sekitar 1 juta Rupiah untuk orang dewasa. Apabila anda ingin hemat, cukup berfoto di depan bola dunia Universal Studios saja. Apabila anda ingin masuk dan bermain di Universal Studios, datanglah pada pagi hari karena antrian permainan di Universal Studios bisa sangat panjang, kecuali anda mempunyai tiket prioritas sehingga anda tidak perlu mengantri panjang, namun tentu saja harga tiket ini lebih mahal dari tiket biasa.


3. Orchard Road[edit]

Orchard Road atau Jalan Orchard adalah nama sebuah jalan di Singapura yang sangat terkenal dengan wisata belanjanya. Selain dipenuhi pusat belanja, Orchard Road juga dipenuhi restoran, spa, dan lain-lain. Untuk berkunjung ke Orchard Road tentu saja gratis apabila hanya melihat-lihat saja. Apabila Orchard Road adalah tempat tujuan utama anda di Singapura, saya sarankan carilah hotel di sekitar Orchard Road supaya tidak kesulitan membawa barang belanjaan menggunakan kendaraan umum. Di sepanjang Sentosa Island ada 3 buah stasiun MRT jadi anda tidak perlu kuatir jauh dari stasiun. Orchard Road adalah salah satu tempat wisata di Singapura yang wajib dikunjungi, walaupun hanya melihat-lihat saja.


4. Sentosa Island[edit]

Sentosa Island adalah sebuah tempat wisata di Singapura yang lengkap, namun tidak menyatu dengan pulau utama Singapura, melainkan berada di pulau yang terpisah. Banyak cara untuk mencapai Sentosa Island, yang paling menarik adalah dengan menggunakan kereta gantung karena anda juga dapat menikmati pemandangan kota Singapura dari ketinggian. Harga menaiki kereta gantung memang cukup mahal, yaitu sekitar 300,000 Rupiah, namun menaiki kereta gantung ini dapat memberikan pengalaman yang menarik untuk anda. Apabila anda ingin berhemat, ada cara lain untuk mencapai Sentosa Island yaitu dengan berjalan kaki, menaiki monorail Sentosa Express, dan menggunakan bus. Yang bisa anda temukan di Sentosa Island adalah pantai, hotel, spa, restoran, tempat belanja, tempat bermain golf, berbagai macam atraksi hiburan, kasino, dan lain-lain.


5. Bugis Street[edit]

Bugis Street adalah sebuah jalan di Singapura yang terkenal dengan wisata belanjanya. Berbeda dengan Orchard Road yang menawarkan pengalaman belanja mewah, Bugis Street menawarkan pengalaman wisata belanja murah ala jalanan. Biasanya Bugis Street adalah tempat wisatawan berburu oleh-oleh murah di Singapura. Sangat mudah sekali mencapai Bugis Street, anda hanya perlu menaiki MRT dan turun di stasiun Bugis. Lokasi Bugis Street hanya sekitar 50 meter dari stasiun Bugis. Bugis Street adalah tempat wisata belanja jalanan yang terbesar di Singapura.


6. Chinatown[edit]

Sesuai dengan namanya, Chinatown adalah sebuah kawasan dengan suasana seperti di China. Mayoritas penduduk di daerah Chinatown adalah keturunan China, sehingga sangat terasa kentalnya budaya China di daerah ini, misalnya di bentuk bangunan, hiasan, barang dagangan, dan lain-lain. Chinatown sudah menjadi salah satu tempat wisata di Singapura yang paling disukai wisatawan karena merupakan perpaduan menarik antara wisata kuliner, belanja, budaya, dan juga sejarah. Apabila anda ingin berbelanja di sini, jangan lupa untuk menawar harga terlebih dahulu. Apabila anda ingin berwisata kuliner di Chinatown, perlu diingat bahwa sebagian besar penjual makanan dan minuman di Chinatown buka mulai dari sore hari hingga tengah malam. Mudah sekali untuk mencapai Chinatown, anda cukup menggunakan MRT dan turun di stasiun Chinatown.


7. Little India[edit]

Little India adalah pusatnya komunitas India di Singapura. Dengan suasana khas India dan dipenuhi orang-orang India, Little India akan membuat anda serasa berada di India. Berada di seberang Chinatown, Little India adalah tempat yang menjual berbagai jenis kerajinan khas India, berbagai jenis makanan khas India, emas, dupa, minyak pijat, parfum, kain hingga jasa peramalan nasib. Di tempat yang cocok untuk berburu oleh-oleh khas India ini terdapat bebauan khas India, dan biasanya adalah bau rempah-rempah. Saya sendiri kurang suka tempat ini karena saya kurang nyaman dengan bau keringat orang India, namun walau begitu, Little India adalah salah satu tempat wisata di Singapura yang cukup menarik untuk dikunjungi.


8. Arab Street[edit]

Arab Street adalah tempat yang kental dengan budaya timur tengah. Arab Street adalah pusatnya umat Islam di Singapura, sehingga anda dapat menemukan banyak toko berbau Islam di daerah ini, misalnya berbagai jenis busana Islam dan kelengkapan ibadah. Selain itu anda juga dapat menemukan penjual parfum, karpet, dan kain-kain mewah yang berwarna-warni, termasuk batik khas Indonesia. Pedagang barang-barang tersebut biasanya ramai pengunjung pada siang hari, pada malam hari yang banyak berjualan adalah pedagang makanan khas Arab. Biasanya wisatawan datang ke lokasi ini untuk mencari suasananya, bukan untuk berbelanja.


9. Haw Par Villa[edit]

Haw Par Villa adalah salah satu tempat wisata di Singapura yang paling unik. Secara umum, Haw Par Villa adalah tempat rekreasi sejarah budaya China yang memiliki lebih dari 1,000 patung dan lebih dari 150 diorama dengan tema kisah rakyat China dan legenda-legenda China. Yang membuat Haw Par Villa unik adalah adanya beberapa diorama bertemakan neraka. Diorama-diorama ini memberikan gambaran mengenai kengerian neraka, jadi apabila anda membawa anak kecil, anda perlu memberikan pengertian kepada anak anda supaya tidak ketakutan. Haw Par Villa sangatlah berguna untuk mengajarkan anak-anak berbuat baik dan menjauhi segala bentuk dosa. Di Haw Par Villa, selain dapat menikmati wisata budaya, anda juga dapat berhemat karena masuk ke Haw Par Villa tidak dipungut biaya sama sekali.


10. Raffless Landing Site[edit]

Raffless Landing Site mungkin tidak umum di telinga wisatawan Indonesia karena wisata sejarah memang tidak banyak peminatnya. Raffless adalah nama dari pendiri sekaligus gubernur Singapura modern, sedangkan Raffless Landing Site adalah tempat untuk mengenang jasa-jasa dari Raffless. Di tempat ini anda dapat melihat patung replika dari Raffless, mengenal sejarah Singapura, melihat diorama sejarah dan budaya Singapura, serta berfoto-foto di sebelah patung Raffless dengan latar belakang sungai dan kota Singapura. Apabila anda tertarik berkunjung ke Raffless Landing Site, stasiun MRT terdekat adalah stasiun Raffless Place.


11. Esplanade[edit]

Esplanade berlokasi dekat dengan patung kebanggaan Singapura yaitu Merlion. Esplanade adalah sebuah pusat seni dan merupakan salah satu pusat seni yang paling aktif dan sibuk di dunia. Dengan bentuk atapnya yang unik dan mirip buah durian, Esplanade memiliki banyak fasilitas yang berhubungan dengan seni, misalnya ruang konser, teater dalam ruangan, teater luar ruangan, perpustakaan, ruangan pameran lukisan, hingga food court dan lain-lain. Memasuki tempat ini tidak dipungut biaya, kecuali sedang ada konser yang mengharuskan membeli tiket. Suasana di sekitar Esplanade juga sangat indah, jadi walaupun sedang tidak ada konser, tempat ini masih menarik bagi wisatawan.


12. Gardens by The Bay[edit]

Gardens by The Bay adalah sebuah taman unik yang berada di sekitar Marina Bay. Seperti selayaknya taman, Gardens by The Bay mempunyai banyak pohon dan tumbuhan hijau, yang membuat unik adalah di sini anda dapat menemukan beberapa pohon buatan raksasa. Pohon-pohon buatan ini terbuat dari baja dan berfungsi untuk menampung air hujan dan juga menampung energi matahari. Pada malam hari, lampu yang dipasang di pohon buatan setinggi gedung bertingkat 16 ini akan menyala, sehingga menjadi sangat indah. Untuk berkeliling di area ini tidak dikenakan biaya, namun bila anda ingin naik dan berjalan-jalan di jembatan yang menghubungkan pohon-pohon buatan ini, anda harus membeli tiket seharga kira-kira 50,000 Rupiah. Selain itu, di area ini terdapat juga Cloud Forest dan Flower Dome yang merupakan tempat konservatori tanaman dan bunga dengan harga tiket sekitar 350,000 Rupiah.


13. Singapore Flyer[edit]

Singapore Flyer adalah salah satu tempat wisata di Singapura yang paling populer. Singapore Flyer merupakan sejenis Bianglala di Dufan namun dengan ukurang yang sangat besar, bahkan merupakan yang paling besar di dunia dengan tinggi 165 meter, atau setara dengan gedung bertingkat 42. Memiliki 28 kabin dengan kapasitas untuk 10-15 orang, sekali putaran Singapore Flyer akan memakan waktu sekitar 30 menit. Selama 30 menit itu anda akan dapat menikmati pemandangan kota Singapura, bahkan anda juga bisa melihat Indonesia dari Singapore Flyer. Apabila anda berminat menaiki wahana Singapore Flyer, anda bisa menggunakan MRT dan turun di stasiun Promenade. Harga tiket untuk menaiki Singapore Flyer adalah sekitar 350,000 Rupiah.


14. Henderson Waves Bridge[edit]

Henderson Waves Bridge mungkin jarang menjadi pilihan utama tempat wisata di Singapura, namun sebenarnya tempat ini sangatlah menarik. Henderson Waves Bridge adalah sebuah jembatan kayu dengan desain yang unik dan menyerupai gelombang ombak. Mulai dari jam 7 malam, Henderson Waves Bridge akan menyalakan lampunya yang sudah diatur sedemikian rupa sehingga menjadi sangat indah.Henderson Waves Bridge adalah jembatan untuk pejalan kaki yang memiliki ketinggian tertinggi di Singapura, sehingga anda dapat menikmati pemandangan kota Singapura dari jembatan ini. Apabila anda ingin berkunjung ke Henderson Waves Bridge, anda bisa turun di stasiun MRT Harbour Front.


15. Marina Bay Sands[edit]

Marina Bay Sands adalah ikon sekaligus tempat wisata di Singapura yang terbaru. Hampir semua wisatawan dari Indonesia yang datang ke Singapura berfoto-foto dengan latar belakang Marina Bay Sands. Marina Bay Sands adalah sebuah pusat hiburan dan resort terpadu yang dibuka sejak tahun 2010. Penampilan visual bangunan Marina Bay Sands sangatlah unik dan tiada duanya di dunia dengan 3 gedung utama yang dihubungkan dengan bangunan berbentuk kapal di atasnya. Marina Bay Sands memiliki ribuan kamar hotel, kasino, teater, ruang kesenian, restoran, klub malam, taman, hingga mall mewah dan lain-lain, semuanya dalam satu lokasi. Selain itu di bangunan berbentuk perahu yang ada di atas gedung, terdapat kolam renang yang merupakan kolam renang terpanjang di dunia dengan panjang sekitar 150 meter, dan berada di ketinggian 200 meter. Di ketinggian tersebut, anda dapat melihat Singapura, Indonesia, dan Malaysia. Apabila anda ingin naik ke atas Marina Bay Sands, anda harus membayar sekitar 250,000 Rupiah. Pada malam hari, Marina Bay Sands mempertontonkan atraksi cahaya yang menarik dan dipantulkan oleh danau Marina Bay. Stasiun MRT terdekat dari Marina Bay Sands adalah stasiun Marina Bay dan stasiun Promenade.


16. Helix Bridge[edit]

Helix Bridge adalah sebuah jembatan dengan arsitektur yang sangat menawan. Dengan panjang sekitar 280 meter, Helix Bridge adalah jembatan pejalan kaki yang terpanjang di Singapura. Jembatan yang berada di Marina Bay ini berbentuk spiral seperti DNA dan akan menyala pada malam hari sehingga menambah keindahan dari jembatan ini.


17. Art Science Museum[edit]

Art Science Museum adalah sebuah museum yang berlokasi di Marina Bay Sands. Berlokasi di tepi danau Marina Bay, Art Science Museum memiliki bentuk menyerupai bunga teratai. Tidak hanya itu saja keunikan dari desain bunga teratai Art Science Museum, desain teratai ini juga mempunyai fungsi mengumpulkan air hujan, dan mengalirkannya menjadi sebuah air terjun. Art Science Museum adalah tempat pameran seni kelas dunia berlangsung sehingga sangat menarik untuk dikunjungi.


18. Singapore Botanical Gardens[edit]

Singapore Botanical Gardens adalah paru-paru bagi Singapura. Memiliki bermacam-macam tanaman dari berbagai belahan dunia, Singapore Botanical Gardens adalah tempat yang cocok untuk berjalan-jalan santai dengan gratis. Dengan luas sekitar 74 hektar, Singapore Botanical Gardens adalah tempat wisata di Singapura yang sangat cocok bagi pecinta tanaman dan bunga. Singapore Botanical Gardens buka dari jam 5 pagi, sehingga tempat ini banyak dipakai warga Singapura untuk berolahraga pagi. Selain taman dan kebun, Singapore Botanical Gardens juga memiliki danau angsa dan danau yang memiliki panggung di tengahnya. Di tempat ini juga terdapat National Orchid Garden dengan tiket masuk seharga kurang lebih 50,000 Rupiah. Untuk mencapai Singapore Botanical Gardens, turunlah di stasiun MRT Botanic Gardens.


19. Singapore River[edit]

Singapore River adalah sebuah sungai di Singapura yang mengalir dari tengah Singapura sampai ke lautan. Sungai ini begitu terkenal bagi wisatawan dan merupakan salah satu tempat wisata di Singapura yang paling ramai dikunjungi wisatawan. Kegiatan yang menarik di Singapore River adalah Singapore River Cruise, atau wisata menyusuri sungai dengan menggunakan perahu listrik yang canggih. Sambil menikmati pemandangan Singapura dari sungai, pemandu di perahu akan memberi penjelasan mengenai Singapore River, gedung-gedung yang dilewati, sejarah Singapura, dan lain-lain. Harga tiket menyusuri Singapore River adalah sekitar 250,000 Rupiah.


20. Singapore Zoo[edit]

Singapore Zoo adalah kebun binatang milik Singapura dan merupakan salah satu tempat wisata di Singapura yang paling disukai anak-anak. Singapore Zoo memiliki koleksi binatang langka dengan jumlah ribuan. Singapore Zoo juga memiliki program wisata kebun binatang malam untuk anda yang ingin merasakan sensasi yang berbeda. Dilengkapi dengan area bermain anak-anak, Singapore Zoo adalah tempat wisata di Singapura yang sangat cocok untuk anda yang berwisata dengan anak. Harga tiket masuk Singapore Zoo adalah sekitar 250,000 Rupiah.


21. Jurong Bird Park[edit]

Jurong Bird Park adalah tempat wisata di Singapura yang sangat terkenal di dunia, karena merupakan taman burung yang terbesar di dunia. Jurong Bird Park memiliki lebih dari 8,000 ekor burung dari sekitar 600 spesies yang berbeda. Burung-burung ini berasal tidak hanya dari Singapura saja, melainkan dari seluruh dunia. Apabila anda lelah berjalan kaki berkeliling Jurong Bird Park, di sini ada fasilitas mengamati burung dengan menggunakan monorail. Selain mengamati burung, anda juga dapat berfoto-foto dengan burung, memberi makan burung, dan menonton acara atraksi burung yang diadakan di Jurong Bird Park setiap harinya. Harga tiket masuk Jurong Bird Park adalah sekitar 200,000 Rupiah, sedangkan harga monorail adalah sekitar 50,000 Rupiah. Stasiun MRT terdekat adalah stasiun Boon Lay.


22. St. Andrew’s Cathedral[edit]

St. Andrew’s Cathedral adalah gereja pertama dan terbesar di Singapura. Dengan gaya bangunan kuno, St. Andrew’s Cathedral adalah salah satu bangunan yang paling indah di Singapura dan telah ditetapkan sebagai salah satu monumen nasional Singapura pada tahun 1973. Memasuki area St. Andrew’s Cathedral tidak dipungut biaya. Stasiun MRT terdekat adalah stasiun City Hall.


23. Masjid Sultan[edit]

Masjid Sultan adalah bangunan bersejarah yang terletak di Kampung Glam, Singapura. Masjid Sultan adalah masjid yang pertama di Singapura dan sekarang sudah menjadi salah satu tempat wisata di Singapura. Dulunya, Masjid Sultan adalah lokasi tempat tinggal warga Indonesia yang berdagang di Singapura. Masjid Sultan terbuka bagi siapa saja yang ingin masuk melihat ke dalam, namun mungkin anda akan diminta menggunakan sebuah jubah panjang supaya lebih sopan. Keunikan dari Masjid Sultan adalah kubahnya yang berwarna emas. Masjid Sultan sangatlah berbeda dengan masjid di Indonesia yang kurang terawat, Masjid Sultan sangatlah bersih dan rapi. Tidak dipungut biaya untuk dapat menikmati keindahan Masjid Sultan.


24. Singapore Flight Experience[edit]

Berlokasi di Raffless Avenue, Singapore Flight Experience mungkin belum begitu terkenal di antara wisatawan Indonesia. Mungkin hal ini dikarenakan harganya yang cukup mahal untuk warga negara Indonesia. Di tempat ini anda dapat mencoba menjadi seorang pilot yang menerbangkan pesawat besar ke bandara-bandara terkenal di seluruh dunia. Memang ini hanyalah sebuah simulator, namun Singapore Flight Experience menawarkan pengalaman yang benar-benar serupa dengan menerbangkan pesawat asli. Mulai dari suara, pemandangan, hingga panel-panelnya benar-benar seperti berada di pesawat asli. Untuk mendapatkan sebuah pengalaman tak terlupakan di Singapore Flight Experience, anda harus membayar sekitar 2,000,000 Rupiah.


Panduan Wisata Singapura ala Backpacker[edit]

Tak heran banyak orang Indonesia yang wisata ke Singapura, karena negaranya bersih, modern, rapi dan tertib walaupun mungil.

Bagi mereka yang “berduit”, mungkin wisata ke Singapura berkali-kali tidak akan jadi masalah. Namun bagaimana jika kamu hanya memiliki budget terbatas tapi juga ingin wisata keliling Singapura? Jangan pesimis dulu, kamu juga bisa kok.

Dalam artikel ini saya akan berikan tips dan panduan agar kamu juga bisa wisata ke Singapura dengan budget hemat. Simak cara mempersiapkan perjalanan, itinerary dan tips hemat wisata Singapura berikut ini:

1. Persiapan wisata Singapura[edit]

Untuk mempersiapkan perjalanan wisata Singapura ada beberapa hal yang perlu kamu persiapkan, di antaranya adalah:

Paspor

Pastikan masa habis berlaku paspor kamu tidak kurang dari 6 bulan. Sebagai contoh: Jika kamu berencana ke Singapura tanggal 15 September 2017, maka setidaknya masa habis berlaku paspor kamu adalah 30 Maret 2018.

Segera perpanjang paspormu jika masa berlakunya kurang dari 6 bulan. Jangan sampai kamu gagal berangkat hanya karena paspor yang belum diperpanjang. Sekarang untuk membuat paspor baru atau perpanjang paspor tidak perlu repot lagi, berkat sistem online. Pesan tiket pesawat Low Cost Carrier (LCC) harga promo

Kalau mau jalan-jalan murah ke Singapura, kamu wajib berburu tiket pesawat LCC dengan harga promo seperti AirAsia, Tigerair, atau Jetstar. Ketiga maskapai ini dikenal sering memberikan penawaran spesial.

Harga normal penerbangan satu arah dari Jakarta – Singapura sekitar Rp400.000 – Rp500.000. Jika kamu beruntung, kamu bisa dapat tiket promo dengan harga Rp66.000.

Pesan hotel budget murah

Biaya hidup di Singapura bisa dibilang cukup mahal. Maka dari itu, kamu perlu cerdik dalam mencari hotel murah berlokasi strategis di Singapura. Hotel chain seperti Fragrance Hotel adalah salah satu hotel budget yang recommended.

Waktu booking paling ideal adalah 1 bulan sebelum tanggal kedatangan, biasanya harganya lebih murah.

Jika menginap di hotel dirasa masih mahal, ada alternatif lainnya dengan menginap di hostel. Perbedaaan hotel dengan hostel adalah pada konsep kamarnya. Di hostel biasanya tipe kamarnya adalah dorm (seperti asrama) dengan banyak tempat tidur. Rata-rata harga hostel di Singapura sekitar Rp100 ribuan untuk satu malam.


2. Itinerary wisata Singapura[edit]

Berikut ini adalah itinerary perjalanan saya bersama satu orang teman (perjalanan berdua) dalam wisata Singapura selama 3 hari.

Hari 1: Dari Bandara Internasional Changi menuju hotel di pusat kota Singapura

Kami take off dari Jakarta (Bandara Internasional Soekarno-Hatta) pukul 18:00 WIB menggunakan pesawat AirAsia. Waktu tempuh perjalanan sekitar 2 jam. Karena waktu lokal Singapura lebih awal 1 jam dari Jakarta, maka kami tiba pukul 21:00 waktu setempat.

Tiba di Bandara Internasional Changi, kami langsung menuju terminal 2 di mana terdapat Mass Rapid Transportation (MRT) yang langsung menuju pusat kota Singapura. Kami memilih menggunakan MRT karena transportasi ini adalah yang tercepat dan termurah untuk menjangkau hotel di pusat Singapura.

Lokasi yang kami tuju adalah Hotel Fragrance Ruby yang beralamat di Jl. 10 Lorong 20 Geylang, Singapura. Lokasi hotel cukup strategis, dekat dengan Stasiun MRT Aljunied yang berjarak 10 menit berjalan kaki.

Perjalanan dari bandara ke Stasiun Aljunied menggunakan MRT hanya butuh waktu sekitar 30 menit. Tarif MRT dari bandara ke Stasiun Aljunied hanya SGD 2,10.

Tiba di hotel, kami langsung check-in dengan menunjukkan voucher hotel dari Traveloka app ke petugas resepsionis. Selesai check-in kami langsung ke kamar untuk beristirahat.

Hari 2: Sommerset Skatepark, Merlion Park, Masjid Sultan

Kami bangun pagi hari pukul 08:00 dan bersiap-siap untuk wisata di Singapura. Tujuan pertama kami adalah Sommerset. Sommerset adalah kawasan bisnis dan pusat wisata belanja Singapura. Lokasi Sommerset juga dekat dengan Orchard Road yang terkenal akan pusat perbelanjaannya.

Tujuan kami mengunjungi Sommerset adalah untuk bermain skateboard di Sommerset Skatepark (atau dikenal juga dengan nama Scape Skate Park). Buat kamu yang suka skateboarding, kamu patut mencoba skating di sini. Skateparknya luas dan gratis. Untuk bersantai juga bisa, ada beberapa meja piknik di pinggir skatepark dikelilingi banyak pohon rindang.

Untuk menuju Sommerset, kami menggunakan MRT dengan tarif SGD 1,70 dari Stasiun Aljunied. Lokasi skatepark tidak jauh dari Stasiun Sommerset, cukup dengan berjalan kaki sekitar 5 menit. Kami bermain skate selama 4 jam hingga pukul 12:00. Setelah puas, kami melanjutkan perjalanan ke Merlion Park yang merupakan atraksi utama wisata di Singapura.

Kami menggunakan MRT dari Sommerset, lalu turun di Stasiun Raffles Place. Harga tiketnya SGD 1,30. Dari sini, Merlion Park bisa dijangkau dengan 10 menit berjalan kaki.

Di sini kami hanya menikmati lanskap Singapura dengan berfoto dan duduk-duduk santai. Semua landmark singapura bisa disaksikan dari Merlion Park. Di antaranya Singapore Flyer, Esplanade, Singapore ArtScience Museum, Marina Bay Sands dan tentunya Patung Merlion. Setelah puas berfoto, destinasi selanjutnya adalah Masjid Sultan.

Tujuan kami ke sini untuk beribadah salat. Selain itu, sebenarnya kami agak penasaran seperti apa bentuk masjid yang katanya merupakan masjid terbesar di Singapura ini.

Hari 3: Sentosa Island, Marina Bay Sands, Gardens by the Bay, Bandara Internasional Changi

Di hari ketiga adalah hari terakhir kami menginap di hotel. Kami bersiap untuk check-out dan meninggalkan hotel pukul 12:00.

Tujuan kami hari ini adalah mengunjungi Sentosa Island. Di Sentosa Island banyak wahana dan atraksi menarik yang bisa dicoba. Salah satu atraksi yang terpopuler di sini adalah Universal Studio Singapore.

Sebenarnya Sentosa Island bisa dibilang mirip Dunia Fantasi (Dufan) di Jakarta. Menurut saya, hal yang membedakannya adalah atraksi di Sentosa Island lebih banyak dan lebih seru.

Untuk menuju Sentosa Island, kami menggunakan MRT dari Stasiun Aljunied lalu turun di Stasiun Harbourfront. Waktu tempuh dari Stasiun Aljunied sekitar 30 menit dengan tarif SGD 2. Tiba di Stasiun Harbourfront, kami melanjutkan perjalanan dengan menggunakan Sentosa Express dengan tarif SGD 4 untuk perjalanan pergi pulang (PP).

Di Sentosa Island yang kami lakukan hanya jalan-jalan berkeliling pulau sambil mengambil beberapa foto. Banyak atraksi yang bisa dicoba di sini, namun rata-rata tarifnya cukup mahal sehingga kami lebih memilih untuk melihat-lihat dan berkeliling saja.

Atraksi yang paling ramai dikunjungi turis di Sentosa Island adalah bola dunia Universal Studio. Tak terhitung berapa jumlah orang yang berfoto selfie atau foto grup berlatar belakang bola dunia ini.

Tidak jauh dari bola dunia Universal Studio, ada toko cokelat Hershey’s. Kami menyempatkan untuk membeli beberapa bungkus coklat sebagai oleh-oleh untuk kerabat di Indonesia.

Setelah puas berkeliling, kami melanjutkan perjalanan ke destinasi selanjutnya, yakni Marina Bay Sands. Marina Bay Sands merupakan landmark ikonik Singapura, simbol kemewahan dan kehidupan glamor Singapura. Kasino, mal, hotel, dan perkantoran semua menjadi satu di sini.

Dari Harbourfront, kami menggunakan MRT dengan tujuan Stasiun Bayfront. Waktu tempuh menggunakan MRT sekitar 15 menit dengan tarif SGD 1,23.

Tidak jauh dari Marina Bay Sands, ada Gardens By The Bay yang merupakan taman bunga terluas di Singapura mencapai 101 hektar. Waktu paling tepat untuk mengunjunginya adalah saat malam hari karena lampu-lampu cantik mulai menghiasi Supertree Grove dengan warna yang berbeda tiap menitnya.

etelah waktu menunjukkan pukul 20:00, kami pun bergegas menuju Bandara Internasional Changi untuk bermalam. Ya, kami memutuskan untuk bermalam di bandara karena jadwal penerbangan kami keesokan harinya pukul 07:00. Kami memilih menginap di bandara untuk berjaga-jaga agar tidak ketinggalan pesawat.

Selama di bandara, tidak banyak yang kami lakukan. Kami hanya nongkrong di Burger King dan Starbucks terkantuk-kantuk menunggu esok pagi. Keesokan paginya tepat pukul 07:00 kami take off dari bandara Changi menuju Jakarta dengan pesawat Jetstar.

Secara keseluruhan, kami puas akan wisata ke Singapura ini, karena banyak hal yang kami alami walau dengan budget terbatas. Dari perjalanan ini saya sadar, ternyata untuk traveling ke luar negeri dengan budget hemat bukanlah sesuatu yang mustahil asal direncanakan dengan matang.

3. Tips hemat wisata di Singapura[edit]

Kartu MRT

Saya sarankan untuk membeli kartu MRT (multi trip) untuk turis yang dijual di beberapa Stasiun MRT. Dengan menggunakan kartu multi trip, kamu akan mendapatkan dua keuntungan.

Pertama, kamu akan dikenakan tarif lebih murah daripada tiket satuan (single trip). Kedua, kamu dapat menggunakan kartu multi trip tidak hanya untuk MRT tapi juga untuk bus umum.

Untuk membeli kartu multi trip, cukup dengan merogoh kantong sebesar SGD 12, kamu akan mendapatkan saldo sebesar SGD 7. Jika saldo menipis, kamu bisa mengisi saldo dengan minimal top up sebesar SGD 10. Jika ternyata saldo kartu masih tersisa saat ingin meninggalkan Singapura, kamu bisa mengembalikan kartu untuk ditukar dengan uang cash sisa saldo kartu tersebut.

SIM card lokal

Jika kamu ingin selalu online selama wisata di Singapura, saya sarankan untuk membeli SIM card lokal dari provider Singtel. Kartu SIM ini bisa didapatkan dengan mudah di toko-toko 7-11 (Seven Eleven). Pastikan kamu membawa paspor saat membelinya, karena kamu akan diminta menunjukkan paspor untuk verifikasi data.

Harga SIM card hanya SGD 15, kamu akan mendapatkan saldo sebesar SGD 18. Sangat lebih dari cukup untuk langganan paket data selama seminggu wisata di Singapura.

Restoran dengan menu halal

Bagi kamu yang beragama Islam, tersedia makanan halal di warung makan khas India dan Melayu. Menu yang saya suka dari masakan India adalah nasi briyani. Nasi briyani mirip seperti nasi goreng, hanya saja ada tambahan bumbu kare khas india yang membuat rasanya semakin mak-nyus!

Saya juga menemukan warung makan khas Indonesia yang terletak tidak jauh dari hotel tempat saya menginap. Warung makan ini jadi tempat makan favorit saya selama wisata di Singapura karena harganya murah. Selain itu, menu lauk pauknya mirip menu warteg. Satu porsi nasi dengan tahu dan telur goreng hanya dikenakan SGD 1.

Makanan lezat yang hemat Kalau mau mencoba cemilan murah tapi mengenyangkan, kamu bisa menjajal roti prata. Cara makannya pun cukup simpel hanya dengan mencocol roti ke kuah kare yang disediakan. Roti ini biasanya tersedia di rumah makan khas India dengan harga SGD 1 untuk satu porsi.


4. Total pengeluaran wisata di Singapura[edit]

Tiket pergi: AirAsia (tiket promo) Rp66.000 per orang Tiket pulang: Jetstar Rp700.000 per orang Hotel: Fragrance Hotel Ruby Rp700.000 untuk 2 malam (patungan Rp350.000 per orang) Akomodasi transportasi: SGD 11* (Rp104.500) Akomodasi makan dan minum: SGD 45* (Rp427.500) Beli SIM card Singapura: SGD 15* (Rp142.500) PSC atau airport tax: Rp150.000 Total pengeluaran: Rp1.940.500

Harga yang dicantumkan dapat berubah sewaktu-waktu tergantung pada berbagai kondisi. Kamu bisa lebih berhemat dengan memilih akomodasi yang paling cocok dengan gaya traveling kamu.

Catatan: Seluruh perjalanan dilakukan pada 22-25 Januari 2015 oleh Busyra Oryza.